Loading...

Senin, 12 November 2012

Apa itu ‘Sistem Informasi’?




Sistem Informasi terdiri dari 2 kata yaitu Sistem dan Informasi. Sistem berarti suatu kumpulan elemen-elemen (hardware, software,brainware) yang saling berhubungan dan berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu sedangkan Informasi berarti hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian yang nyata yang digunakan untuk pengambilan suatu keputusan. Berdasarkan dua pengertian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa Sistem Informasi adalah suatu sistem yang terdiri dari sistem input, proses dan output yang saling berhubungan dan bekerja sama dimana output menunjukkan dan menampilkan sebuah hasil dari proses ke dalam bentuk informasi yang berguna dan dibutuhkan oleh pengguna.

Kalau kurang paham, di bawah ini ada gambaran(skema) mengenai definisi Sistem Informasi :



Penjelasannya :

- TUJUAN : adalah sesuatu yang dicoba dilakukan oleh sebuah sistem. Pada konteks ini tujuannya adalah Sistem Informasi.
- PROSEDUR KERJA : merupakan cara kerja yang dilakukan oleh orang dan teknologi informasi.
- INFORMASI : merupakan data yang dapat berupa data terformat, teks, gambar, suara dan video.
- HUMAN : adalah orang yang memasukkan, memproses dan menggunakan data.
- TEKNOLOGI INFORMASI : merupakan komponen yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang berfungsi untuk memproses data.

Dalam PROSEDUR KERJA terdiri dari bagian yaitu input, proses dan output seperti yang digambarkan di bawah ini.


Dengan kalimat yang lebih sederhana, Sistem Informasi merupakan suatu sistem yang terdiri dari input, proses dan output yang nantinya akan menghasilkan sebuah informasi.


"Sistem informasi sangat dibutuhkan di kehidupan sehari-hari manusia. Sistem Informasi menjadi salah satu kebutuhan manusia supaya dapat berinteraksi dengan situasi luar yang selalu berubah-ubah."
 

-----

3 komentar:

  1. Mau tanya ya :
    Sejak kapan Sistem Informasi itu mulai muncul atau mulai digunakan oleh orang-orang di dunia ?

    BalasHapus